G4UL

by rizkyandiramadhan

Sadar atau nggak ,menurut gw  sekarang kita hidup di era Perubahan nilai estetika. Mungkin saat lo denger statement itu dr mulut gw, lo bakal ngomong ke gw “anjrit ,lo tukang sate biawak sok tau banget!”. Kenapa sih gw bilang nilai estetika sudah bergeser peran di kehidupan sekarang ini? Salah satu contohnya adalah kawat gigi. Seharusnya kawat gigi di pakai untuk mengatasi masalah yang ada pada gigi tidak normal, sekarang malah di pakai di gigi normal untuk menjadi tidak normal.

Gw inget banget saat gw kecil. Kawat gigi di pakai seseorang karen suatu kebutuhan. Karena mungkin memang gigi nya maju atau ompong. oke ga mungkin orang ompong pake kawat. Dulu di saat orang pake kawat ya karena memang itu anjuran dokter dan mereka memang ada penyakit yang mengharuskan pakai kawat. Coba liat anak anak jaman sekarang. Hampir semua anak muda yang agak gaul itu pakai kawat. Saat di tanya mereka cuma jawab, “biar ga jerawatan “. jawaban yang tidak masuk akal sodara sodara.

Rata rata alasan mereka pakai kawat bukan karena karena mereka butuh, tapi karena mereka ingin dibilang “asikna luthuna gaulna” alias anak G4ul. Padahal menurut gw untuk jadi gaul lo gak perlu pakai kawat. lo cuma butuh nonton acara musik tiap pagi dan pake baju yang bertulisakan “Woless” sambil mabok gara-gara kebanyakan minum kiranti.

Gaul Kan?

Gaul Kan?

Ngomongin soal kawat gigi. Ada satu kejadian yang bikin gw kaget banget berkaitan dengan kawat gigi. Dulu waktu gw lagi makan di kampus sama temen gw, tiba tiba ada seonggok pengamen yang dateng gak pake celana dalem.

Saat dia mulai nyanyi ga ada yang aneh, suaranyapun ge jelek-jelek banget sampai akhirnya dia dateng  mau minta uang dari gw dan temen temen gw. Disitulah gw kaget, ternyata pengamennya rano karno!oke gw bercanda.

Ternyata sosok pengamen itu pake kawat gigi. Seonggok pengamen pake kawat gigi?sedangkan gw yang saat itu statusnya mahasiswa aja boro boro mampu pake kawat gigi, makan soto aja ambil paket soto gembel. Disebut soto gembel karena tidak ada gizi di makanan itu, isi paketnyanya hanya NASI+KUAH SOTO+TOMAT.

Gw gak ngerti apa yang ada di benak si pengamen itu. Kenapa dia rela menghabiskan uangnya hanya untuk sesuatun yang tidak dia butuhkan?.  Karena secara kasat mata gigi nya normal dan gak butuh kawat gigi. Mendingan uangnya di pakai buat nabung beli hewan qurban(?).

Terkadang memang manusia sulit untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Mungkin gw pun masih menjadi salah satu dari sekian banyak manusia yang mengedepankan keinginan tanpa melihat kebutuhan.

Di akhir tulisan gw ini, gw akan mengutip perkataan seseorang.

“Saat kita memaksakan untuk membeli sesuatu yang kita inginkan, kita akan menjual atau mengorbankan apa yang kita butuhkan”.